Thursday, September 8, 2011

Tips Mengolah Sate Jamur Tiram

Agar tekstur sate jamur kenyal dan berserat mirip daging, pastikan proses pemerasan setelah dimasak harus benar-benar sempurna. Hilangnya cairan jamur menjadikan teksturnya kering dan mirip dengan daging. Untuk memeras jamur bisa menggunakan mesin pengering (mirip pengering mesin cuci) atau manual dengan menggunakan lap dan diperas sampai agak kering. Rendemen hasil pengeringan bisa mencapai 50 persen sampai 60 persen.

Pemasakan harus mendekati sempurna. Caranya adalah menentukan waktu masak atau mengukus yang tepat. Proses pemasakan yang sempurna akan menghasilkan rasa yang optimal untuk mengurangi rasa “langu” pada jamur.

Pemotongan yang sempurna sesuai dengan ukuran sate yang akan dikehendaki agar mirip dengan daging ayam. Bahan jamur bisa menggunakan segala ukuran. Jadi sangat optimal untuk dijadikan bahan sate pada saat panen raya atau menghindari pembusukan jamur karena tidak terjual.

Selain itu, pemilihan bumbu yang sesuai sehingga bisa memperkaya rasa, jika perlu menghindari rasa jamur itu sendiri agar mirip dengan daging yang dikehendaki.

Jamur masak yang dikeringkan siap untuk diolah sate bisa disimpan dalam freezer dalam sirkulasi dan suhu yang sesuai. Jamur ini bisa awet, bisa bertahan lebih dari enam bulan selama disimpan di suhu beku. Kemas atau simpan dalam wadah plastik tertutup rapat sehingga tidak kering terkena udara dingin.

Pemanggang sate bisa dilakukan bertahap. Cukup ambil bahan sesuai dengan kebutuhan saat dibakar. Pengolesan kecap membuat asap saat pemanggangan seolah-olah benar-benar sedang membakar sate daging.

Supaya semakin banyak yang singgah, perlu dilakukan promosi. Salah satu cara berpromosi adalah memilih tema sate jamur yang sesuai agar lebih menarik dan khas.

Oleh: Yuyun Anwar
Konsultan dan Penulis Buku Kuliner Indonesia

Sumber
Tags
Tips Mengolah Sate Jamur Tiram, tip mengolah jamur, tip mengolah sate jamur, sate jamur,bumbu sate jamur, cara membuat sate jamur, cara memasak sate jamur, sate jamur, cara memasak sate jamur tiram, bisnis sate jamur.
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 comments: on "Tips Mengolah Sate Jamur Tiram"

Post a Comment