Wednesday, September 21, 2011

Nugget Jamur Murah Meriah

Nugget adalah makanan yang cukup populer. Makanan ini sangat praktis, diawetkan dengan cara beku, nugget menjadi alternatif lauk dan camilan sehari-hari.

Meningkatnya kesibukan wanita bekerja banyak menjadi pendorong munculnya makanan cepat saji semacam nugget. Nugget sangat praktis, tinggal digoreng beberapa menit dan siap untuk menjadi lauk saat sarapan. Popularitas nugget tak lepas dari promosi gencar perusahaan besar. Memulai usaha dengan produk yang sudah dikenal menjadi lebih mudah daripada produk baru. Produk baru membutuhkan banyak energi untuk mengenalkan. Nugget apalagi nugget ayam sudah dikenal semua orang. Bagaimana dengan nugget jamur?

Usaha nugget sudah dapat dipastikan memiliki pasar besar dengan kebutuhan yang terus-menerus. Selama ini nugget yang paling populer adalah nugget ayam disusul nugget lainnya dari seafood. Makanan ini sangat digemari mulai dari anak sampai dewasa. Variasi dari nugget jamur akan menjadi salah satu terobosan yang cukup menjanjikan. Nugget jamur barangkali belum banyak diolah oleh perusahaan besar sehingga potensial untuk segera diisi oleh usaha kecil.



Usaha nugget berbahan dasar jamur dibandingkan dengan ayam misalnya memiliki keunggulan. Jamur tiram memiliki keunggulan nonkolesteral, menyehatkan, kandungan vitamin dan serat dibanding olahan ayam yang kadang-kadang banyak kandungan lemak terutama pada bagian kulit ayam. Jamur adalah bahan nabati yang bebas dari aneka kandungan hormon dan residu antibiotik, yang sering digunakan untuk budidaya ayam. Jamur bebas dari bahan tersebut, jadi lebih menyehatkan.

Sementara untuk subtitusi, bahan jamur memiliki nilai ekonomis lebih rendah, jadi bisa menjadi alternatif pengganti bahan ayam yang semakin mahal. Sementara tekstur dan rasanya tidak jauh dari rasa daging ayam. Ini salah satu keunggulan jamur, mirip daging ayam sehingga lidah orang Indonesia mudah menerimanya.



Nugget Jamur yang Cocok

Usaha nugget berbahan jamur bisa dimulai dengan dua alternatif yakni jamur sebagai subtitusi atau penambah bahan misal menjadi nugget ayam jamur, nugget udang jamur, atau nugget ikan jamur. Jadi tidak menghilangkan bahan asal, tetapi mengganti sebagian dari bahan tersebut.

Keunggulan dengan menggantikan sebagian bahan adalah secara ekonomis akan lebih turun meski secara nilai justru meningkat. Nugget dada ayam jamur pasti akan memiliki nilai lebih karena terkesan lebih sehat, sehingga cocok untuk dijual kelompok yang peduli akan kesehatan. Atau nugget ikan isi jamur, pasti lebih memiliki nilai variatif dibandingkan dengan nugget ikan saja. Meski secara komposisi penambahan jamur akan menekan biaya, tetapi secara nilai Anda bisa menaikan nilai produk tergantung segmen pasar yang akan dibidik.

Nugget jamur murni untuk kelompok vegetarian. Vegetarian boleh dikatakan salah satu gaya hidup atau cara hidup yang dianggap sehat. Vegetarian adalah kelompok yang tidak mengonsumsi bahan hewani. Mereka hanya mengonsumsi bahan nabati (sayuran, biji-bijian, dan buah). Vegan adalah kelompok vegetarian yang tidak mau mengonsumsi telur ataupun susu. Jadi nugget jamur tanpa bahan campuran daging serta telur dan susu akan menjadi pilihan yang cukup bagus.

Memang secara teknologi pembuatan nugget jamur tanpa bahan hewani (telur dan susu) cukup sulit karena untuk membuat adonan kenyal dan tekstur bagus diperlukan pengikat. Yang paling banyak menjadi sumber pengikat adalah bahan telur. Akan tetapi, dengan sedikit sentuhan teknologi usaha ini bisa Anda lakukan terutama bagi pengusaha awal yang ingin fokus di kelompok vegetarian.

Cara Pembuatan Nugget

Jamur tiram sebaiknya diambil bagian batang, sehingga tekstur mirip daging ayam. Jamur dikukus selama 15 menit, angkat, dan keringkan. Potong-potong agak kecil. Sisihkan.

Masukkan ayam, garam, es, dan fosfat dalam food processor (mesin gilingan bakso). Aduk sampai tercampur rata. Angkat dan masukkan sisa bahan bumbu dan tepung. Aduk sampai tercampur. Angkat. Masukkan potongan jamur. Aduk rata sampai tercampur.

Siapkan cetakan nugget. Cetak atau bikin bentuk bola lalu gulingkan dalam tepung predust kering, celupkan dalam tepung celup, angkat, dan tutup dengan tepung roti. Rapikan sampai benar-benar tertutup. Lakukan sampai habis.

Goreng nugget selama 1-2 menit sampai agak mengapung. Angkat dan tiriskan. Kemas nugget jamur dalam plastik. Simpan dalam freezer. Nugget bisa dijual dalam bentuk beku sesuai dengan kemasan yang diinginkan.

Trik Membuat Nugget Jamur Murah

Nugget yang berbahan baku mahal seperti seafood atau ayam memang memiliki kendala tersendiri. Merekayasa pembuatan nugget yang murah, namun masih tetap aman di konsumsi perlu trik tersendiri. Ada cara untuk mengatasi keadaan yang serba mahal.



1.Membeli bahan baku dari supplier langsung dan mempertahankan mutu bahan karena dengan membeli langsung harga lebih murah dan mutu yang bagus membuat nugget terhindar dari kerugian.

2.Menggantikan bahan telur sebagai pencelup dengan adonan batter mix yang dibuat sendiri sehingga harganya lebih ekonomis dibandingkan dengan harga telur. Membuat tepung batter mix bisa ditambahkan air lebih banyak dibandingkan dengan menggunakan telur yang dikocok karena lebih mahal dan lapisan lebih tipis.

3.Merekayasa bahan-bahan nonfirst grade untuk dijadikan nugget misal dari kulit ayam, lemak sapi, bahan daging tetelan yang lebih murah, sayuran, atau ikan ekonomis (ikan kuniran, kuris, mata goyang, dan lainnya). Dengan menggunakan sistem emulsifier yang menggunakan ISP (isolated soya protein) misalnya bisa memaksimalkan proses penggadukan, sehingga lemak dan es bisa terikat dengan baik. Penambahan es menjadikan adonan nugget empuk dan lebih ekonomis karena bisa menggurangi biaya. Untuk nugget vegan murni penggunaan ISP sangat vital karena akan berfungsi sebagai pengikat.

Efisiensi tahapan pembuatan nugget untuk mengurangi biaya. Dengan menjaga rantai dingin adonan tidak perlu lagi mengukus adonan nugget. Adonan yang dikukus terlebih dahulu membuat daya lengket dengan tepung berkurang, tidak bisa dibuat aneka bentuk dan banyak buangan hasil sisa pengukusan. Jadi, pengukusan nugget untuk mempermudah mencetak tidak perlu dilakukan. Jaga rantai dingin adonan agar tetap kental, sehingga mudah untuk dicetak.

Oleh: Yuyun Anwar
Konsultan dan Penulis Buku Kuliner Indonesia

Sumber
Tags
Nugget Jamur Murah Meriah, nungget jamur, cara membuat nugget jamur, Trik Membuat Nugget Jamur Murah, tips membuat nugget jamur, cara membuat nungget, bisnis nugget jamur, usaha nugget jamur, bahan nugget jamur.
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

3 comments: on "Nugget Jamur Murah Meriah"

Aisyah Nuryanti,SE said...

mbak bisa tanya ni selama ini saya membuat nugget jamur dikukus terlebih dahulu, jika menurut mbak tidak perlu pengukusan jadi membentuk nugget agak sulit dan tidak bisa sama.. gimana caranya ya mbak

Aisyah Nuryanti,SE said...

mbak mau tanya ISP dan fosfat dapat di beli dimana ya? dan perbandingan udang dan jamurnya 1: 1 ya mbak

Aisyah Nuryanti,SE said...

mbak untuk tepung mix pencelup apa ada dijual atau kita buat sendiri karena ada bahan mod. jagung blinder dan mod jagung crispy itu saya dapat beli di mana ya...

Post a Comment