Sunday, April 3, 2011

Air putih untuk terapi kesehatan

Air diperlukan tubuh untuk menjaga nutrisi yang sangat vital. Ia dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan dan keutuhan setiap sel dalam tubuh, menjaga tingkat cair aliran darah agar lebih mudah mengalir melalui pembuluh darah, mengatur suhu tubuh melalui proses berkeringat, menjaga kelembaban selaput-selaput lendir, misalnya yang terdapat di paru-paru dan mulut, mengurangi penyakit cystitis dengan menjaga kantung kemih bebas dari bakteri dan melumasi dan melindungi persendian.

Terapi minum air putih telah dilakukan oleh nenek moyang sejak dulu, nama terapi ini adalah ''usha paana chikitsa''. Terapi air bukanlah meminum air sebanyak-banyaknya dan dilakukan secara sembarangan sebagaimana yang biasa terjadi dalam kehidupan banyak orang. Namun, terapi air memiliki metode dan aturan tersendiri yang harus diikuti. Prinsip inilah yang menjadikan air mempunyai manfaat besar untuk kesehatan kita sebab air masuk ke dalam tubuh tidak secara sembarangan.

Berikut ini prinsip umum dari terapi air putih:
Air Putih untuk Terapi Kesehatan

1. Minumlah 1,5 liter air putih, yaitu sekitar 5 sampai 6 gelas, pada pagi hari ketika kita baru bangun tidur (bahkan sebelum menggosok gigi). Lebih baik bila airnya ditakar dahulu agar tepat 1,5 liter, setelah itu baru boleh mencuci muka.

2. Minum air putih dilakukan sebelum berkumur karena ludah yang mengendap di mulut semalaman banyak mengandung enzim-enzim dan antibiotik alami yang diperlukan tubuh. Jadi, menelan liur sendiri adalah perilaku yang sehat.

3. Jangan minum atau memakan apapun satu jam sebelum dan sesudah minum 1,5 liter air ini.

4. Setelah 45 menit, kita boleh makan dan minum seperti biasa. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan pada air putih untuk membersihkan usus halus yang sepanjang 8 meter itu. Setelah usus halus bersih, barulah makanan dibiarkan masuk untuk diproses.

5. Setelah 15 menit sarapan, makan siang dan makan malam, jangan makan atau minum apapun selama dua jam.

6. Hindari minuman beralkohol.

7. Bila perlu, gunakan air rebus atau air yang sudah disaring.

8. Gosok atau bersihkan mulut tetapi jangan memakan atau meminum apapun selama 45 menit.

Metode terapi ini untuk mengobati penyakit dari orang yang sakit namun juga dapat dipraktikan oleh orang yang sehat agar semakin sehat.

Minumlah air putih saat kita duduk sebab air akan disaring oleh sfringer. Sfringer adalah suatu struktur maskular (berotot) yang bisa membuka (sehingga air kemih bisa lewat) dan menutup. Setiap air yang kita minum akan disalurkan pada pos-pos penyaringan yang berada di ginjal. Sebaliknya, jika kita minum air putih dengan cara berdiri, air yang kita minum masuk tanpa disaring lagi. Ketika langsung menuju kandung kemih, maka terjadi pengendapan di saluran uretra. Kristal ginjal bisa terbentuk karena banyak limbah-limbah yang masih tersisa di uretra. Kristal inilah yang kemudian disebut sebagai batu ginjal.

Oleh : I Made Sudarma, S.Pd., M.Fis.
Source
Tags
Air putih, Air putih untuk terapi kesehatan, manfaat air putih, terapi air putih, terapi dengan air putih, cara minum yang baik, minum air putih yang baik.
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

4 comments: on "Air putih untuk terapi kesehatan"

Unknown said...

nice share. nice post. semoga bermanfaat bagi

kita semua :)keep update!
mobil kota

Unknown said...

Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
keep update!Harga Toyota kijang bekas

Anonymous said...

terima kasih atas informasinya..
semoga dapat bermanfaat bagi kita semua :) asmiranda

Anonymous said...


Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
keep update!Harga Nissan Grand Livina 2014

Post a Comment