Thursday, December 30, 2010

Ikan lele terbesar di dunia makan manusia

Sejak tahun 1998 hingga 2007, tiga orang hilang tenggelam mendadak di Great Kali River, sungai yang membentang di perbatasan antara Nepal dan India utara. Hal ini sangat mengherankan karena di kawasan tersebut bukanlah habitat buaya maupun predator air lain.

saksi mata terakhir melihat kejadian dimana seorang anak terlihat diseret ke dalam air oleh sesuatu yang tampak seperti babi berukuran panjang. Setelah itu, korban tidak pernah terlihat lagi, hidup atau mati. Demikian pula sisa-sisa tubuh ataupun pakaiannya tidak terlihat.

Dengan melihat Kasus-kasus tersebut menggugah Jeremy Wade, biolog asal Inggris untuk mengamati apa yang ada di dalam sungai tersebut. Pasalnya, serangan tersebut hanya terjadi di kawasan tertentu, sepanjang sekitar 6 sampai 8 kilometer. Kawasan itu, menurut keterangan para penduduk, merupakan kawasan di mana mereka biasa melarungkan jasad saudara-saudara mereka yang telah meninggal setelah dibakar.

Setelah meneliti menggunakan alat pengukur kedalaman, Jeremy Wade memastikan tidak ada lubang ditemukan, artinya serangan itu tidak diakibatkan oleh turbulensi yang terjadi di dalam air.

Benar saja, tak lama setelah itu, dari jarak sekitar 1 kilometer dari serangan terakhir, seekor kerbau yang sedang minum di sungai yang hanya memiliki kedalaman 1 meter diserang dan diseret oleh sesuatu dari dalam air.

“Apapun yang mampu menyeret kerbau sebesar itu pasti memiliki ukuran dan bobot seberat 90 sampai 140 kilogram,” terang Jeremy Wade, seperti dikutip dari Discovery, 29 Desember 2010.

Dalam penelitian bawah air, Wade menemukan goonch catfish, serupa ikan lele yang memiliki panjang satu meter. tetapi ikan itu gagal ditangkap. Penelitian lebih lanjut, menemukan bahwa terdapat beberapa kelompok goonch catfish atau ikan lele raksasa dan enam di antaranya berukuran sebesar tubuh manusia.

Setelah gagal menangkap ikan itu dengan alat pemancing, Jeremy Wade mencoba memancing pemunculan ikan itu dengan menggunakan seonggok kayu bakar dan disusun seolah-olah merupakan bekas kremasi jasad orang meninggal. Ternyata pancingan itu terbukti sukses.

Seekor goonch catfish berukuran panjang 1,8 meter dan berbobot 75,5 kilogram, atau 3 kali lebih berat dibanding goonch catfish lainnya berhasil ditangkap. Ikan ini diperkirakan cukup besar dan kuat untuk memakan seorang anak kecil, namun tak cukup besar untuk menyeret dan menyantap seekor kerbau.

Dari keterangan penduduk, Wade menyimpulkan bahwa ikan lele tersebut telah bermutasi menjadi berselera terhadap daging manusia. Ikan tersebut juga tumbuh menjadi raksasa setelah terus mengkonsumsi daging setengah matang sisa-sisa dari jasad manusia telah di bakar kemudian dilarungkan dan tenggelam di dasar sungai.

Di sadur dari vivanews.com

Tags
Ikan lele terbesar di dunia, ikan lele makan manusia, ikan lele raksasa, ikan lele raksasa memakan manusia, ikan lele raksasa makan anak kecil, ikan lele raksasa di india, ilmuwan Jeremy Wade, biolog inggris Jeremy Wade, ikan lele seukuran manusia, ikan goonch catfish, goonch catfish, big fish.
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

1 comments: on "Ikan lele terbesar di dunia makan manusia"

I Am RU said...

Gila ! Besar banget ! Adek gue bisa ditelen tuh !

Post a Comment