Saturday, October 8, 2011

Gedung juang 45 Surabaya

Gedung juang 45 Surabaya, Gedung Juang 45 ini berada di Jl. Mayjend Sungkono, dalam wilayah Surabaya Barat yang diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 17 April 1993. Gedung ini memiliki fungsi sebagai kantor dewan harian daerah 45 provinsi Jawa Timur juga sebagai pendukung keberadaan organisasi ini dalam mengumpulkan data autentik yang berkaitan dengan sejarah perjuangan bangsa dan memepertahankan identitas Surabaya sebagai Kota Pahlawan yang menampilkan semangat 45.

Gedung ini terdiri dari 3 lantai, pada lantai 1 digunakan sebagai ruang utama atau lobi, untuk menerima tamu-tamu penting. Di tengah ruangan berdiri patung Kolonel Sungkono yang berjuang pada masa revolusi dan akhirnya menjadi pimpinan Angkatan Bersenjata divisi Jawa Timur dengan jabatan terakhir Kolonel Jendral. .Sisi kiri dan kanan ruang utama disediakan ruangan untuk eksebisi maupun kegiatan lainnya. Pada lantai 3 dengan kapasitas 1000 orang dapat digunakan untuk pesta perkawinan atau resepsi , seminar, konferensi dan lain-lain. Bentuk bangunan yang antik memiliki arti filosofi perjuangan bangsa dan misi generasi 45. Pada bagian depan terdapat ukiran yang berbentuk kolom yang melambangkan bambu runcing merupakan senjata tradisional yang digunakan dalam perang revolusi 45

Para pengunjung akan di sajikan benda-benda bersejarah dan dokumen-dokumen serta foto-foto kemerdekaan. Buka setiap hari pukul 08.00-12.00 WIB.

Sumber
Tags
Gedung juang 45 surabaya, gedung juang surabaya, gedung juang, wisata gedung juang, bangunan gedung juang.
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 comments: on "Gedung juang 45 Surabaya"

Post a Comment